Sharing is Caring: Berkontribusi untuk Pengembangan Bahasa PHP Kesayangan Anda

Bahasa pemrograman PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf sekitar tahun 1994 dengan tujuan untuk memudahkan dalam mengelola personal blog miliknya. Kemudian, versi pertama yang dirilis umum tersedia sekitar awal tahun 1995 dan dikenal sebagai Personal Home Page Tools (PHP Tools).

Menurut data W3Techs, saat ini PHP menjadi salah satu bahasa pemrograman web yang populer untuk dipelajari dan lebih dari 78% situs web dunia menggunakan PHP.

Kesuksesan PHP tak lepas dari keterlibatan ribuan kontributor, pengembang framework seperti Symfony dan Laravel, pengembang PHP tooling seperti Composer, software lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE), serta seluruh komunitas PHP lainnya.

Sebulan yang lalu PHP 8.1 telah resmi dirilis, dan berbarengan dengan itu kabar “duka” mundurnya salah satu kontributor utama PHP, Nikita Popov, mewarnai komunitas PHP di seluruh dunia.

Siapa Gerangan Nikita Popov? Sepenting Apa Buat Komunitas PHP?

Popov atau lebih dikenal dengan handle nickname (@nikic), bergabung dengan php-src contributors sejak 2011, saat dia masih di bangku sekolah menengah atas, superb!

Sampai detik ini, Popov adalah satu dari 2 kontributor utama (core contributors) terbaik dan terhitung paling produktif untuk pengembangan PHP language hingga menjadi sekeren saat ini.

Menurut om Joe Watkins (@krakjoe) dalam artikelnya yang berjudul Avoiding Busses, kontributor utama PHP saat ini memiliki 2 orang jenius yang paling paham betul dengan source code PHP khusunya Zend Engine dan JIT compiler, bagian paling rumit dari system design PHP. Kedua kontributor utama tersebut salah satunya yakni Nikita Popov.

Berbagai kontribusi Popov dalam pengembangan PHP dapat kita rasakan pada PHP v7 dan PHP v8. Peningkatan performa PHP, berbagai fitur baru seperti pengaplikasian AST (Abstract syntax tree) pada compiler, Arrow function, Typed properties, adalah diantara hasil kontribusinya.

Selain berkontribusi untuk PHP, Popov juga aktif menjadi kontributor untuk Rust language dan LLVM. Kini, Popov yang telah berkontribusi di PHP selama 10 tahun, termasuk tiga tahun selama waktunya di JetBrains, telah memutuskan untuk beralih fokus ke LLVM.

Rasmus Lerdorf, Dmitry Stogov, Derick Rethans, Zeev Suraki, Anatol Belski, Stanislav Malyshev, Sara Golemon, Anthony Ferrara, Nikita Popov, dan lebih dari 800 orang telah berkontribusi pada PHP selama bertahun-tahun, dan PHP yang kita miliki saat ini adalah upaya semua pihak dari mereka.

Beberapa kontributor PHP telah pindah ke jalur yang berbeda, beberapa memulai usaha mereka sendiri, dan beberapa terus menyumbangkan waktu dan upaya mereka dalam membentuk PHP.

Kapan saja mereka para kontributor proyek open source itu bisa saja menghilang, tidak fokus lagi berkontribusi atau pindah jalur ke proyek lain. Selain itu, pastinya semua orang termasuk kontributor proyek open source termasuk PHP juga punya hidup dan butuh biaya untuk hidup.

“Kehilangan salah satu kontributor utama PHP merupakan pukulan telak bagi komunitas, karena ia adalah pengemban banyak ilmu dan keahlian. Ini menempatkan bahasa yang mendukung 78% Web dalam posisi rapuh. Belum lagi beban maintainer yang begitu berat, yang sayangnya di dunia OSS sering membuat orang kehabisan tenaga.” (JetBrains)

Mungkin kita semua sebagai end-user pengguna PHP saat ini belum mampu berkontribusi lewat source code untuk pengembangan bahasa “kesayangan” ini ke depannya. Namun, setidaknya kita masih bisa berkontribusi lewat donasi untuk para kontributor PHP agar tetap bisa fokus mengembangkan dan merawat PHP terus menjadi lebih baik.

Oke! Saya Ingin Berkontribusi untuk PHP, Bagaimana Caranya?

Bagi kalian yang telah lama mengikuti perkembangan PHP baik sebagai kontributor maupun komunitas pastinya sudah tidak asing dengan ide pembentukan sebuah yayasan khusus untuk PHP. Sayang sekali, bahasa pemrograman yang telah berusia 25 tahun lebih ini belum memiliki yayasan khusus yang menaunginya. Sampai pada titik ini, pengunduran diri Popov, barulah ide pembentukan yayasan tersebut “terpaksa” dapat terwujud.

“Kami berjalan agak santai, berpikir bahwa masalahnya tidak kritis. Namun, keputusan Nikita (Popov) memaksa kami untuk mengintensifkan pekerjaan kami di pembentukan yayasan.” Tulis Roman Pronskiy pada artikel The PHP Foundation dari website JetBrains, tempat Popov bekerja dan mengembangkan PHP selama tiga tahun terakhir.

JetBrains bersama dengan beberapa perusahaan lain pengguna PHP membuat kesepakatan untuk membentuk yayasan The PHP Foundation. The PHP Foundation akan menjadi organisasi nirlaba yang misinya adalah memastikan umur panjang dan kemakmuran bahasa PHP.

Dengan terbentuknya The PHP Foundation yang akan menaungi PHP khususnya para kontributornya, kita sebagai komunitas pengguna PHP dapat ikut serta berkontribusi dengan menjadi financial contributor.

Hanya dengan $5/mo (seharga kopi favorit), kita sudah dapat berkontribusi untuk masa depan bahasa PHP kesayangan yang boleh jadi selama bertahun-tahun lewat bahasa ini kita telah mendapatkan jutaan cuan memenuhi rekening bank.

Lastly, buat kalian yang tergerak ingin berkontribusi bisa langsung menuju halaman Open Collective milik The PHP Foundation.

https://opencollective.com/phpfoundation

#ThePHPFoundation #PHP

2 pemikiran pada “Sharing is Caring: Berkontribusi untuk Pengembangan Bahasa PHP Kesayangan Anda”

Tinggalkan komentar