7 Tips Cara Membuat Website dan Blog yang Baik dan Menarik

7 Tips Cara Membuat Website dan Blog yang Baik dan Menarik

7 Tips Cara Membuat Website dan Blog yang Baik dan Menarik – Beberapa hari yang lalu sebuah website milik Dirjen Perimbangan Keuangan Depkeu (www.djpk.depkeu.go.id) mendapat penghargaan e-goverment award sebagai website terbaik untuk level direktorat jenderal/eselon I (setingkat di bawah menteri) yang diadakan oleh Warta Ekonomi.

Gimana sob, kepengen gak? pastinya kepengen kan blog sobat dapat award layaknya website Depkeu. Masalahnya, bagaimana cara membuat website (blog) yang menarik ala website Depkeu agar layak mendapat penghargaan?

Inilah Tips Cara Membuat Website atau Blog Terbaik Selengkapnya

7 Tips Cara Membuat Website dan Blog yang Baik dan Menarik
Ilustrasi

Terpilihnya website Depkeu sebagai peraih award karena memiliki cukup banyak kelebihan, antara lain yaitu desain yang menarik, konten yang up to date dan bermutu, serta navigasi yang handal.

Belajar dari penghargaan yang Depkeu raih melalui salah satu portal websitenya tersebut, kita bisa mengetahui lebih jauh kira-kira apa saja kriteria yang baik untuk membuat website. Dari portal website Depkeu tersebut, untuk membangun sebuah website atau blog yang baik hendaknya sobat blogger memperhatikan tujuh tips cara membuat website atau blog berikut ini:

Konten Informatif dan Up to Date

Setiap pengunjung blog selalu bertujuan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Jika mereka puas karena telah memperoleh informasi yang dicari pada sebuah blog, pengunjung akan betah berlama-lama pada blog tersebut. Kemungkinan besar mereka akan kembali membuka blog itu di kemudian hari. Tapi, jika blog anda tidak up to date maka bersiaplah kehilangan pengunjung.

Tampilan (Design) yang Menarik (attractive)

Bukan rahasia lagi, secara psikologis pengguna internet menyukai tampilan blog yang menarik. Oleh karena itu banyak perusahaan maupun perorangan yang ingin memiliki blog rela membayar mahal web designer untuk memiliki tampilan blog yang indah.

Biasanya pembuatan desain tampilan blog menggunakan Photoshop atau flash. Photoshop digunakan untuk membuat tampilan image yang menarik dan flash untuk membuat animasi sehingga blog anda terlihat interaktif dan hidup.

UPDATE: Desain tampilan menggunakan photoshop dan flash itu sudah jadoel dan ketinggalan zaman (artikel ini dibuat tahun 2009). Untuk saat ini (2016), teknologi web design sudah mengalami perubahan signifikan dengan menggunakan HTML5, CSS, JavaScript, dan lain sebagainya.

Hilangkan Halaman Perantara (splash screen/welcome page)

Beberapa blog biasanya memasang halaman antara berupa splash screen atau welcome screen maupun halaman khusus yang terdapat tulisan “click here to enter site“. Mungkin pemilik web/ blogger mengira halaman antara itu akan membuat blognya lebih menarik.

Hal tersebut bukannya membuat blog menarik, yang ada justru pengunjung kesal lantaran merasa dipersulit untuk dapat langsung mengakses halaman inti blog. Jika ada yang terlanjur memasangnya, saya sarankan untuk menghapusnya segera.

Akses yang Mudah dan Loading Halaman Cepat

Meski konten bagus dan desain menawan, tapi jika pengunjung harus menunggu cukup lama membuka halam website Anda, maka pengunjung akan buru-buru menutupnya.

Kadang-kadang web designer gak peduli seberapa besar bandwith layanan hosting yang mereka miliki, sehingga semaunya saja dalam membuat desain tampilan web. Tampilan bagus sich perlu dan boleh-boleh saja, tapi kalau lemooot, ya percuma kan.

Untuk mempercepat loading halaman website sobat bisa mencoba berbagai tips optimasi blog yang nanti akan saya posting, Insya Allah.

Sistem Navigasi yang Mudah dan User Friendly

Pernah buka blog yang membingungkan karena informasi yang Anda cari tak kunjung ketemu? Seperti blog yang penuh dengan iklan disana-sini, bahkan iklan-iklan tersebut hampir menyatu dengan menu navigasi.

Itulah contoh blog yang buruk karena tidak menerapkan tips cara membuat website yang tepat.

Ingat, blog yang baik memiliki struktur menu navigasi yang memudahkan pengunjung memperoleh informasi yang diperlukan. Jika ada menu search, pastikan berfungsi secara optimal. Menu “home” atau “beranda” wajib ada agar pengunjung dapat kembali ke halaman utama secara cepat.

Tautan yang Jelas

Saya pernah baca ada tautan pada running teks yang kurang lebih tertulis “pengumuman no.x” tidak dijelaskan pengumuman itu tantang apa dan untuk siapa. Kemampuan sebuah link untuk menarik perhatian pengunjung memiliki toleransi dalam hitungan detik.

Jadi, kalau ada orang “iseng” mengklik tautan yang gak jelas seperti itu, berarti dia orang yang beruntung kalo isinya berupa lowongan pekerjaan atau bagi-bagi hadiah. Perlu diingat, tidak semua orang memiliki waktu untuk iseng, barangkali hanya sebagian kecil saja, hehehe.

Mudah Diindeks oleh Google atau Search Engine Lainnya

Semakin tinggi peringkat sebuah blog pada halaman pencarian search engine seperti Google, maka peluang blog Anda untuk terkenal semakin besar. Nah, agar blog anda mudah ter-indeks oleh search engine semacam Google maka gunakan teknik search engine optimization (SEO).

Mengenai teknik SEO silakan tanya sama mbah Google ya atau bisa baca pembahasan seputar tips SEO terbaru.

Kesimpulan

Saat ingin membangun website baik itu untuk tujuan komersil maupun blog pribadi, maka sebaiknya harus merencanakannya secara matang sejak dari awal. Banyak faktor yang akan mempengaruhi keberhasilan website yang Anda buat.

Oleh karena itu, beberapa tips cara membuat website blog yang telah saya uraikan di atas patut Anda coba. Semoga tips yang sederhana ini bermanfaat buat sobat blogger semua.

Sumber: Facebook Note

Republished from Archive.org (28/12/2009)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *